Tutorial Blender, Membuat Animasi 3D Permainan Baseball
A. Pengenalan tool
Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen kami disini kami menggunakan “Blender”. Blender adalah perangkat lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja
B. Alur
Alur cerita animasi yang saya buat adalah :
- Bola datang dari luar kamera
- Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.
- Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.
- Install software blender terlebih dahulu. Download disini
- Setelah instalasi selesai , silahkan buka program blender tersebut.
- Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.
- Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE
- Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT
- Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse
- Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.
- Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.
- Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.
- Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah.
- Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera.
- Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot
- Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline
- Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya
- Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.
- Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting
- Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
- Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)
- Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output 18. Finish.
0 komentar: