• Tutorial Blender, Membuat Animasi 3D Permainan Baseball


    A. Pengenalan tool
    Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen kami disini kami menggunakan “Blender”. Blender adalah perangkat lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja
    B. Alur

    Alur cerita animasi yang saya buat adalah :
    1. Bola datang dari luar kamera
    2. Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.
    3. Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah  sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.
    C. Pembahasan
    1. Install software blender terlebih dahulu. Download disini
    2. Setelah instalasi selesai , silahkan buka program blender tersebut.
    3. Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.
      Gambar 1 Tampilan  Awal Blender
      Gambar 1 Tampilan Awal Blender
    4. Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE
      Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran
      Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran
    5. Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT
      Gambar 3 Edit Mode
      Gambar 3 Edit Mode
    6. Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse
      Gambar 4 Extrude Objek
      Gambar 4 Extrude Objek
    7. Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.
      Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE
      Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE
    8. Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.
      Gambar 6 Objek selesai dibentuk
      Gambar 6 Objek selesai dibentuk
    9. Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.
      Gambar 7 Pembuatan Bola
      Gambar 7 Pembuatan Bola
    10. Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah.
      Gambar 8 IPOCurve Editor Mode
      Gambar 8 IPOCurve Editor Mode
    11. Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera.
      Gambar 9 Pergerakan Objek Awal
      Gambar 9 Pergerakan Objek Awal
    12. Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot









       Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir
      Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir
    13. Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline
      Gambar 11 Timeline Mode
      Gambar 11 Timeline Mode
    14. Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya
      Gambar 12 View Animasi
      Gambar 12 View Animasi
    15. Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.
      Gambar 13 Pemberian Texture
      Gambar 13 Pemberian Texture
    16. Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting
       Gambar 14 Rendering Setting
      Gambar 14 Rendering Setting
    17. Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
      Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi
      Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi
    18. Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)
       Gambar 16 Rendering Animasi
      Gambar 16 Rendering Animasi
    19. Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output
       Gambar 17 Output file directory
      Gambar 17 Output file directory
      18. Finish.

0 komentar:

Posting Komentar